Selamat Datang
di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Visi yang dicanangkan untuk Prodi S1 PGPAUD FKIP Universitas Jember hingga tahun 2030 adalah “Menjadi program studi unggul di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang pendidikan anak usia dini yang berkualitas, berdaya saing dan humanis dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial
Untuk mencapai visinya, Prodi PGPAUD merumuskan misi sebagai berikut:
a. Menyelenggarakan dan mengembangkan layanan pendidikan untukmenghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing dan humanis dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial.
b. Menghasilkan karya inovasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung terwujudnya praktek pengasuhan, pendidikan dan perlindungan anak usia dini serta pengelolaan PAUD yang berkualitas, humanis, berdaya saing dan berkearifan lokal.
c. Membangun tata kelola pendidikan, penelitian dan pengabdian di tingkat Prodi yang mendukung keunggulan dan menjunjung tinggi terwujudnya WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) / WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani).
d. Membangun suasana akademik dan non-akademik yang berpegang pada etika keilmuwan dan etika sosial.
e. Menjalin dan membina jejaring kerjasama dengan lembaga-lembaga di dalam dan di luar negeri dalam rangka pengembangan pembelajaran, programprogram sertifikasi kompetensi, serta kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang PAUD yang berkualitas, berdaya saing, humanis dan dengan kearifan untuk mendayagunakan potensi lingkungan dan sosial budaya masyarakat pertanian industrial.
Berdasarkan Keputusan LAMDIK No. 913/SK/LAMDIK/Ak/S/IX/2023, Prodi PGPAUD mendapatkan peringkat akreditasi UNGGUL
a. Pendidik anak usia dini
Guru pendamping pada satuan Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak atau satuan PAUD sejenis yang kompeten dan inovatif dalam memberikan layanan pengasuhan dan pendidikan anak usia dini sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang anak maupun latar belakang sosial-budaya masyarakat sekitarnya.
b. Pengelola PAUD
Penyelenggara layanan pendidikan anak usia dini yang mampu menunjukkan literasi informasi, teknologi dan kearifan dalam memecahkan masalah maupun mengembangkan program-program PAUD sesuai dengan kondisi dan potensi lingkungan sosialbudaya masyarakat sekitarnya.